Maandag, 29 April 2013

Pengertian waduk

Waduk adalah kolam besar tempat penyimpanan air sediaan untuk berbagai kehidupan Fungsi waduk secara prinsip ialah menampung air saat debit tinggi untuk di gunakan saat debit rendah Seperti kontruksi sipil lainnya, persoalan waduk  menyangkut  aspek   perencanaanoperasi, pemeliharaan.

PERENCANAAN WADUK
Ada beberapa hal yang di perlukan dalam perencanaan wadukseperti :a. Data PrimerData Primer adalah data
 –
data yang diperoleh denganmelakukan percobaan di lapangan, pengukuran, sampling,serta analisa laboratorium.b. Data SekunderData Sekunder adalah data- data yang diperoleh dariinstansi
 –
instansiSetelah memperoleh data
 –
data, barulah nantinya adasebuah keputusan layak atau tidak layaknya lokasi yangakan di bendung.
 

Kelayakan pembuatan

Kelayakan pembuatan waduk ini selalu di tinjau melaluiberbagai aspek, yaitu :1.Aspek Kelayakan teknik Dalam aspek kelayakan teknik menyangkut:a. Lokasi bendungan untuk membuat sebuah waduk.Sedapat mungkin bendungan tersebut pendek,namun mampu menampung volume besar.b. Bahan kontruksi bendungan dapat berupa beton,urugan tanah,dll. Bahan kontruksi yang tersedia untukdibuat stabil, kuat, awet, dan tidak rembes.c. Mekanika tanah dan geologi memberikanpertimbangan mengenai pemilihan bahan kontruksinantinya, jika daya tukung tanah tidak mampumenahan beban dari bendungan terbuat dari beton,maka pertimbangan dapat di alihkan menjadibendungan bukan beton.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking